Kumpulan Contoh Contoh Pidato

Kumpulan Contoh Contoh Pidato - Kali ini kami Ramalan Indonesia akan memberikan seputar informasi terikini mengenai Dunia pendidikan, yaitu tentang pidato yang mana sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin.

Dimana Berpidato sangat dominan dan utama untuk seorang pemimpin yang baik, maka dari itu setiap orang berpeluang untuk menjadi seorang pemimpin, dan oleh sebab itu diperlukan pengalaman individual untuk membaca teks pidato di depan umum.

langsung saja akan kami berikan contoh pidato di bawah ini :

KERUKUNAN ANTAR SESAMA

Assalaamu’alaikum Wr. Wb

(Hamdalah)
(Syahadat)
(Sholawat)
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayatNya kepada kita sehinga kita bisa berkumpul pada siang hari ini. Sholawat serta salam tidak lupa kita curahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW.

Kita umat manusia tahu bahwa kita diciptakan sebagai makhluk sosial. Kita selalu membutuhkan pertolongan orang lain. Kita tidak bisa melakukan segala sesuatu seorang diri, pasti ada campur tagan orang lain, meskipun pertolonga itu hanya sedikit.

Untuk itu, agar segalanya berjalan lancar dan kita bisa saling tolong menolong satu sama lain, kita harus menjaga kerukunan antarsesama. Baik terhadap saudara, tetangga maupun teman. Jangan sampai kita ini terbecah-belah hanya karena hal sepele.

Misalnya, dengan saudara sendiri jangan sampai kita ini memiliki rasa dendam, atau sampai bermusuhan. Karena Karena sudah dijelaskan pada suatu hadis yang artinya : dari Abu Hurairah, dari Nabi. Nabi bersabda bahwa dibuka beberapa pintu surga setiap hari senin dan kamis, maka setiap hamba yang tidak syirik pada Allah akan diampuni, kecuali orang-orang dendam. Makamenunggulah kalian malaikat pada hal ini sehingga keduanya berdamai.

Dari hadis di atas, maka sudah jelas bahwa kita harus saling rukun, damai dan tidak saling bermusuhan karena pintu beberapa surga akan dibuka ketika hari senin dan kamis dan akan dimaafkan oleh Allah bagi mereka yang tidak syirik atau tidak saling bermusuhan.

Atau dengan tetangga sendiri, jangan sampai tidak saling sapa, apalagi tidak saling kenal. Kita harus menyambung tali silaturrahmi agar kerukunan tetap terjalin. Atau dengan teman sendiri saling bermusuhan, tawuran antar pelajar, menggunjing teman. Jangan sampai hal ini terjadi. Karena Allah telah menjelaskan dalam Al-Qur’an pada surat Al-Hijarat : 12, yang berbunyi

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman jauhilah pada persangkaan, karena sebagian dari persangkaan itu adalah dosa. Dan janganlah meneliti kesalahan dan menggunjing sebagian dari kalian. Apakah salah seorang dari kalian senang jika memakan daging bangkai saudara kalian?. Maka kalian akan benci dengan hal itu. Takutlah kalian pada Allah, sesungguhnya Allah maha menerima tobat lagi maha penyayang.

Dari ayat tersebut sudah jelas bahwa menggunjing dan meneliti kesalahan orang lain itu dosa dan sama artinya dengan memakan bangkai saudara sendiri. Kita tahu bahwa memakan daging bangkai adalah haram dan itu dosa. Oleh karena itu, janganlah kita menggunjing atau mencari kesalahan orang lain. Tetapi, Allah maha menerima tobat dan maha penyayang, jadi kita harus meminta apmun kepada Allah dan tidak mengulanginya lagi.

Untuk itu, kita harus bisa mengintrospeksi diri sendiri. Atau saling menasehati satu sama lain dengan ikhlas, damai dan tanpa dendam dan rasa iri. Karena hal itu, dapat menghilangkan rasa dendam dan iri pada sesama, sehingga kerukunan antar sesama dapat terjalin.

Pada suatu hadis dijelaskan, yang artinya, Nabi bersabda : tidak masuk kalian di dalam surga sampai kalian iman, dan kalian tidak iman hingga saling mencintai. Apakah aku tidak menunjukkan atas perkara ketika kalian berbuat? Maka saling kasih sayanglah kalian dengan menyiarkan salam antar sesama.

Pada hadis tersebut Nabi menjelaskan bahwa kita tidak akan masuk surga jika belum saling mencintai. Dan Nabi menganjurkan untuk saling mengucapkan salam. Untuk itu, kita juga harus mengucapkan salam untuk menjaga kerukunan antar sesama.

Fadhlin Amalia Arif
XI. IA. 5

-------------------------------------------------------------------------

Contoh pidato Perpisahan SMA

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Kepada Yang Terhormat Bapak dan Ibu Guru SMA N 1 Cilegon.
Dan teman teman kelas 12 angkatan 2009 khususnya teman teman 12 ipa 3
yang teramat saya cintai.
Pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa
karena pada hari yang cerah ini kita semua dapat berkumpul untuk merayakan
“Kelulusan dan Perpisahan Murid SMA N 1 Cilegon Angkatan 2008-2009.
Kedua, terima kasih kepada panitia yang telah mengizinkan saya untuk berdiri di
sini menyampaikan salam perpisahan ini di depan para hadirin sekalian.
Ketiga, selamat bagi kita semua! Kita berhasil lulus akhirnya. Alhamdulillah Ya
Allah. Hari hari penuh ujian yang sangat menegangkan kini berakhir sudah. Kita
lulus! Kita bukan anak SMA lagi! Kita akan meninggalkan sekolah ini. dan
berpisah.
Perpisahan… Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. Kebanyakan dari kita
pasti baru bertemu dan berteman akrab saat bersekolah di sini. Atau mungkin
juga ada yang sudah berteman sejak SMP, sejak SD atau bahkan sejak masih
balita. Alangkah senangnya apabila pertemanan yang telah kita jalin selama tiga
tahun ini dapat bertahan selamanya. Seakan tak tergoyahkan oleh apapun.
Namun tak dapat kita ingkari bahwa seiring sengan berjalannya kehidupan kita,
seiring dengan datangnya hal hal baru seperti kuliah, ngekos, kerja, menikah,
dan juga seiring dengan datangnya orang orang baru, teman baru, cowok baru,
cewek baru, perpisahan memang hal yang lumrah terjadi.
Mungkin di antara kita ada yang merasa bergairah mengalami perpisahan
karena yang ia tunggu selama ini adalah hal-hal baru yang terlihat lebih
menyenangkan dibanding hal-hal di sini yang sangat membosankan. Tapi
mungkin di sisi yang berbeda, ada yang merasa sangat sedih karena telah
mengalami banyak hal menyenangkan di sini dan betapa banyaknya kenangan
yang telah tercipta kenangan.
Kenangan… Teman teman yang saya cintai, sebelum kita terlambat menyadari
bahwa waktu tak dapat diputar kembali dan sebelum kita menyesal karena telah
menyia-nyiakan masa SMA kita tanpa mengalami satu pun hal berharga. Maka
buatlah kenangan sebanyak banyaknya!
Lakukanlah apa yang ingin kamu lakukan. Katakanlah apa yang ingin kamu
katakan. Katakanlah kepada guru yang terlalu kaku dalam mengajar untuk lebih
santai. Katakanlah kepada cewe-cewe berisik yang ngerasa sok cantik dan populer kalau otak tuh lebih penting dibanding penampilan! Katakanlah kepada
cowo cupu di sekolah untuk lebih percaya diri. Katakanlah kepada orang yang
kamu cintai bahwa kamu memang mencintainya!! It’s NOW or NEVER, friends!
Come On! As time goes by, memory remains. Seiring berjalannya waktu, hanya
kenanganlah yang tersisa..
Terakhir.. saya kutip dari film Cinta Pertama yang dimainkan oleh Bunga Citra
Lestari dan Benjamin Joshua bahwa memang pertemuan tidak ada yang abadi.
Tapi saya percaya, seperti pertemuan, perpisahan juga tidak ada yang abadi!
Jangan lupakan setiap hal berharga yang telah kita alami selama bersekolah tiga
tahun di sini. Simpanlah kenangan itu dalam hati kita semuaaa..
Selamat berpisah! Selamat karena telah menjadi bukan-anak-SMA lagi. Jagalah
diri kalian yang berkuliah jauh dari orang tua.
Sekian pidato yang saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada salah kata.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

----------------------------------------------------------------------------

Contoh Naskah Pidato Tentang Pengaruh Budaya Asing


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, alhamdulillahhirabbil’alamin wabihinasta’in wa’ala umuriddunnya waddin, wa’ala alihi waaskhabihi ajma’in. Amma ba’du.
Yang saya hormati ibu guru pengawas ujian praktik pidato bahasa indonesia.
Beserta teman temanku yang sayangi.

Pertama tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allaw SWT, yang telah memberikan rahmatnya kepada kita berupa kesehatan dan kesempatan, sehingga kita dapat melaksanakan ujian praktek pidato bahasa indonesia ini dengan tanpa halangan suatu apapun. Shalawat serta salam tetap kita limpahkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad SAW. Yang telah membimbing kita semua dari zaman jahiliyah sampai zaman islamiyah, yaitu zaman yang kita alami saat ini.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin membahas mengenai pengaruh budaya asing yang masuk ke Indonesia. Kita tahu dengan semakin majunya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, maka informasi-informasi apa saja yang uptodate akan segera kita ketahui. Salah satu media teknologi yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat adalah televisi. Televisi sangat besar pengaruhnya terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat, karena televisi sering menayangkan acara yang berbau budaya asing, khusunya budaya barat. Dari situlah masyarakat mulai mengenal dan lambat laun mereka akan meniru sesuatu yang pernah mereka lihat, mulai dari kebiasaan, tingkah laku,gaya bahasa bahkan sampai dengan meniru cara berpakainnya.

Sebagai bangsa Indonesia yang menganut adat budaya timur, seharusnya kita bisa memfilter diri kita untuk bisa menerima budaya-budaya apa saja yang baik dan yang kurang baik. Tetapi jika kita tidak bisa memfilter diri kita sendiri mengenai masuknya budaya asing, maka kita juga akan terpengaruh oleh budaya asing tersebut dan lama kelamaan kita akan lupa terhadap budaya kita sendiri, yaitu adat budaya timur. Oleh sebab itu kita harus barhati-hati dalam memilih budaya asing, tentunya kita juga harus berpegang teguh pada agama, karena agama adalah pondasi kita dalam mengarungi kehidupan. Jika pondasi kita kuat, maka kita tidak akan mudah terombang ambing oleh liku-liku kehidupan dunia. Tetapi jika pondasi kita lemah, maka kita akan mudah terombang ambing oleh kehidupan dunia ini.

Sekarang sudah banyak dari masyarakat yang meniru-niru kebiasaan orang barat. Saya ambil contoh tentang cara berpakaian. Kita tahu masyarakat sekarang khusunya para remaja putri ada sebagian yang cara berpakainnya bergaya barat. Memakai rok mini dan kaos strit. Meraka tidak malu bahkan bangga dengan apa yang mereka lakukan. Itu ditunjukkan dari mereka memakai pakaian tersebut dan berjalan-jalan berkeliling kota. Itu menandakan bahwa mereka tidak malu mengumbar auratnya kepada orang lain dan merasa jika berpakaian model tersebut maka mereka terlihat waaah. Mungkin sebagian orang memandang mereka menarik, karena berpakaian sexy, tetapi bagi orang-orang yang benar-benar mengerti tentang budaya dan agama, mereka justru akan mencela, karena perbuatan tersebut dinilai sangat buruk, mengumbar aurat untuk dinikmati banyak orang, na’u dzubillahhimindalikh.

Mengapa hal tersebut bisa sampai mereka lakukan, padahal meraka tahu perbuatan tersebut bertentangan dengan adat kita dan juga bertentangan dengan agama . Itu karena mereka tidak mempunyai filter untuk menyaring budaya-budaya asing yang masuk kedalam mereka, sehingga mereka dangan mudah terjebak masuk kedalam budaya asing tersebut dan lupa akan budayanya sendiri, yaitu budaya adat orang timur. Jika kita mempunyai filter untuk menyaring budaya yang masuk ke kita, maka kita akan memilih dangan hati-hati, budaya apa yang cocok yang sesuai dengan adat orang timur dan tidak bertentangan dengan agama. Dari situ kita bisa mengambil segi positif dari masuknya budaya asing kedalam kita. Salah satu manfaat masuknya budaya asing ke Indonesia adalah kita menjadi tahu dan mengerti mengenai adat, kebiasaan, tingkah laku dari budaya asing tersebut, sehingga dapat menambah wawasan mengenai ilmu pengetahuan kita.

Pengaruh kebudayaan asing yang melanda Indonesia memang tidak bisa kita hindari, hanya saja kita harus benar-benar pandai dalam memilih budaya dan kebiasaan apa yang baik yang tidak bertentangan dengan agama dan sesuai dengan adat orang timur. Kita harus punya prinsip “Kalau Memang Benar Maka Bilang Benar, dan Apabila Salah Maka Bilang Salah”.Jangan dibolak balik.

Sekian dari saya ada salah ucap atau kata-kata yang menyinggung dan kurang enak saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. “Al insanu makhallul khotok (Manusia tempat salah dan lupa)”, akhiru kallam billahi taufik walhidayah “.

Wassalami’alaikum Wr. Wb.

nah dengan contoh pidato diatas, semoga saja membantu anda semua dalam menyelesaikan tugas sekolah anda, dan tugas anda yang lainnya, baca juga edisi kami yang lainnya seperti Jadwal Liga Inggris 2011.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

 

Ramalan Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger